Kamis, 29 November 2012

MEMBERI WARNA TAB PADA MOZILLA

Pada saat kita browsing, kecenderungannya adalah kita akan membuka banyak halaman website atau blog hingga tab-tab yang tersedia di Mozilla Firefox bergeser dan bergeser terus. Padahal kalau diperhatikan, belum tentu semua halaman website tersebut dibaca atau diperhatikan. :)

Masalah akan muncul, ketika diantara sekian banyak tab yang terbuka, kita menginginkan beberapa tab yang kita butuhkan. Tentu bukan hal yang mudah untuk mencarinya, mengingat jumlah tab yang cukup banyak. Lalu muncullah add-on berikut yang akan membuat tab berwarna pada Mozilla Firefox sehingga memudahkan kita untuk mencari tab yang kita inginkan.

Cara kerja add-on ini adalah membuat screenshot pada saat kita surfing. Kemudian mereka analisa warna apa yang paling dominan di screenshot tersebut. Lalu mengaplikasikan warna tersebut sebagai warna tab. Warna itulah yang akhirnya kita lihat menjadi sbb :






Diharapkan warna tab yang mewakili tersebut memudahkan kita untuk mencarinya.

Add-on ini memungkinkan kita untuk melakukan beberapa setting seperti color matching strength, yang berfungsi untuk mengelompokkan warna-warna yang mirip. Semisal sebuah website yang memiliki gradasi warna banner dari warna merah ke oranye dan sebagian besar bagian yang lain berwarna putih. Apabila kita memasukkan nilai Color matching strength = 0, maka tiap warna di gradasi akan dihitung sendiri-sendiri, sehingga efeknya warna putih akan menjadi pemenang.

Tetapi apabila nilai tersebut kita berikan lebih besar maka gradasi warna tersebut bisa dihitung menjadi satu warna dan efeknya memiliki kemungkinan lebih besar untuk menang terhadap warna putih.

Selain itu kita harus setting juga pada Prevent White Color Strength dan Prevent Black Color Strength agar warna tab yang dihasilkan tidak berwarna hitam atau putih, khususnya untuk website-website yang memiliki banyak warna hitam atau putih sebagai backgroundnya. Berikut setingan yang saya masukkan untuk mendapatkan gambar di atas.

Settingan yang berbeda akan memberikan hasil yang berbeda juga pada warna tab.

Ingin membuat tab berwarna pada browser Mozilla Firefox anda? Silahkan dapatkan di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar